Jumat, 03 Juni 2011

PIRAMIDA PENGETAHUAN DAN KESADARAN MANUSIA

Oleh
Y. Setiyo Hadi
(Mas Yopi)

Awal dari perilaku / tindakan adalah pengetahuan dan kesadaran manusia. Perilaku atau tindakan manusia menunjukkan tingkatan / kadar pengetahuan dan kesadaran yang dimiliki oleh manusia.

Ada dua tingkatan / kadar pokok / dasar dari pengetahuan dan kesadaran yang dimiliki manusia, yaitu: TAHU / SADAR (knownconciousness) dan TIDAK TAHU / TIDAK SADAR (unknown / unconciousness). Kondidi tahu / sadar berada disaat mengetahui atau menyadari bahwa apa yang dilakukan atau ditindakkan benar-benar diketahui atau disadari, sedangkan kondisi tidak tahu / tidak sadar adalah kondisi sebaliknya dari tahu / sadar.

Tingkatan / kadar pengetahuan dan kesadaran manusia, lebih lanjut, dapat dilihat seperti gradasi dari pelangi yang berasal dari kondisi dasar di atas. Gradasi dari pengetahuan dan kesadaran manusia dapat digambarkan dengan PIRAMIDA PENGETAHUAN DAN KESADARAN MANUSIA.

Piramida Pengetahuan dan Kesadaran Manusia memiliki tiga fungsi utama. Pertama, mengukur dan mengklasifikasikan pengetahuan dan kesadaran manusia. Ukuran dan klasifikasi dari pengetahuan dan kesadaran manusia meliputi empat katagori yang ada dalam Piramida Pengetahuan dan Kesadaran Manusia.

Kedua, mengukur dan mengklasifikasikan perilaku dan tindakan manusia. Perilaku dan tindakan manusia sebanding dengan kadar pengetahuan dan kesadaran manusia.

Ketiga, proses meningkatkan kuantitas dan kualitas hidup manusia. Arah utama dari proses peningkatan kuantitas dan kualitas hidup manusia terletak dari upaya manusia dari tidak tahu / tidak sadar menjadi tahu / sadar.

Hal yang penting dipahami bahwa hidup manusia berada dalam suatu lingkungan (alam semesta) yang hidup bersama dengan manusia lain dan makhluk lain (sosial). Manusia individu berada pada suatu lingkungan sosial dan lingkungan alam.

Komunikasi menjadi pokok kegiatan manusia sebagai individual yang berada pada lingkungan sosial dan alam semesta. Komunikasi ini menyebabkan manusia tahu / sadar yang semulanya tidak tahu atau tidak sadar.

Saling memberi pesan (messages) menjadi kegiatan pokok dari komunikasi. Komunikasi itu sendiri meliputi:
1. Komunikasi Dengan Diri Sendiri
2. Komunikasi Sosial
3. Komunikasi Dengan Alam
4. Komunikasi Dengan Sang Pencipta.

Kencong 3 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar