Kamis, 22 September 2011

Sistem Informasi

Sistem Informasi secara umum diartikan sebagai suatu pengumpulan data yang terorganisir disertai dengan tatacara penggunaannya yang bukan sekedar penyajian. Pengertian ini meliputi meliputi memilih, mengatur dan menyusun tatacara penggunaan data.


Tingkat keberhasilan suatu sistem informasi dapat diukur berdasarkan tujuan pembuatannya yang tergantung pada tiga faktor utama, yaitu:
  1. Keserasian dan mutu data
  2. Pengorganisasian Data
  3. Tatacara Penggunaannya

Suatu sistem informasi menjalan tiga kegiatan pokok, yaitu:
  1. Pengumpulan dan Pemasukan Data
  2. Penyimpanan dan Pengambilan Kembali (retrieval) Data
  3. Penanyangan (display) dan Penerapan Data

Pada perkembangan selanjutnya, suatu sistem informasi terdiri dari lima komponen utama yang menjadi sub sistemnya, yaitu:
  1. Pelambangan (encoding) data dan pemrosesan masukan
  2. Pengolahan Data
  3. Pengambilan Kembali Data
  4. Pengolahan Dan Analisis Data
  5. Penanyangan Data

Keberadaan sistem informasi untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu. Struktur dan cara kerja sistem informasi berbeda-beda bergantung pada macam keperluan atau permintaan pengguna (user).

Inti utama dari suatu sistem informasi adalah menggabungkan berbagai ragam data yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Penggabungan data ini memerlukan suatu sistem alih rupa (transformation) data untuk tergabungkan (compatible).

Penanganan dan penganalisaan datata untuk suatu matra (ruang dan waktu) memerlukan suatu sistem informasi. Tujuan utama dari sistem informasi adalah meningkatkan kesanggupan seorang pengguna membuat keputusan dalam penelitian, perencanaan dan pengelolaan.(Mas Yopi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar