Minggu, 01 Mei 2011

CERITA TENTANG MAY DAY : Awal 1 Mei Sebagai Hari Buruh Se Dunia

Polisi Amerika menembaki para buruh pad Peristiwa Haymarket 4 Mei 1886

Berawal dari 1 Mei tahun 1886 di Amerika Serikat, kurang lebih 400.000 buruh melakukan demonstrasi massal. Demonstrasi besar ini menuntut pengurangan jam kerja. Demonstrasi dilakukan selama empat hari sejak tanggal 1 Mei.
Tanggal 4 Mei 1886 terjadi bentrokan dengan polisi Amerika. Polisi Amerika menembaki para demonstran dan menawan para pemimpin demonstran yang kemudian menghukum mati.


Kongres Sosialis Dunia yang diadakan di Paris pada 1889 menetapkan Peristiwa Haymarket di Amerika Serikat sebagai momentum perjuangan kaum buruh dunia dengan penetapan 1 Mei sebagai Hari Buruh Dunia yang dikenal dengan istilah May Day. Kongres ini juaga mengeluarkan resolusi berisi:
Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.

Maka sejak tanggal 1 Mei 1890 dilakukan peringatan Hari Buruh Dunia atau yang dikenal dengan istilah MAY DAY.
(ysh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar